Rabu, 01 Juni 2016

ILMU PENGEMBANGAN DIRI TERTUA DI DUNIA



ILMU PENGEMBANGAN DIRI TERTUA DI DUNIA

Jauh sebelum Ilmu Pengembangan Diri yang marak berkembang pesat dewasa ini, dalam bentuk psikologi populer, manajemen diri, cara mencapai sukses, sampai penemuan mutakhir teknologi pengembangan diri seperti NLP,Egostate therapy , Mind Teknology, dll, orang zaman dahulu sebenarnya sudah memiliki METODE untuk mengembangkan dirinya.

Ya, ada Ilmu pengembangan diri tertua dan tercanggih di dunia ini. Ilmu Pengembangan Diri yang tertua di dunia dan juga tercanggih untuk mengubah diri kita menjadi lebih kuat, percaya diri, efektif dan efisien dalam mencapai tujuan kita sejak zaman dahulu adalah Ilmu BELADIRI.
-
Mengapa Ilmu Beladiri dapat dikatakan sebagai Ilmu Pengembangan Diri yang tertua di dunia? Mau dikelompokkan kedalam kategori apa lagi? kalau dalam proses latihan tersebut dapat mentransformasi diri kita dari yang tadinya lemah menjadi digdaya baik secara fisik maupun mental.


Almarhum WS Rendra yang merupakan Tokoh dari PGB Bangau Putih pernah mengatakan: "jurus-jurus Silat mempunyai conditioning effect. Seseorang yang lemah kepribadiannya bisa dilatih menjadi berkepribadian kuat dan dinamis dengan melatih dirinya dengan jurus-jurus silat yang bersifat keras dan berrtenaga seperti jurus harimau misalnya. Gerakkan jurus yang kuat dan bertenaga tersebut akan mempengaruhi jiwanya sehingga menjadi kuat dan berani. Sebaliknya seseorang yang terbiasa menyukai kekerasan, bisa disembuhkan dengan melatih jurus-jurus yang gerakkannya bersifat lembut, anggun dan membutuhkan kesetimbangan badan seperti misalnya, jurus bangau.

Coba bandingkan teori tersebut di atas dengan teori psikologi modern seperti yang diajarkan oleh Anthony Robbins (Pelatih Pengembangan diri & NLP terkenal di dunia) berikut.

Anthony Robbins mengatakan:

"Dengan mengubah fisiologi tubuh, kita bisa mengubah perasaan, dan dengan mengubah perasaan, kita juga mengubah keadaan.

Untuk mengubah seseorang yang tertekan dalam hitungan detik, Anda hanya perlu mengubah fisiologi tubuhnya, dan sekejap Anda telah mengubah keadaannya.

JADI, DENGAN BERLATIH GERAK JURUS BELADIRI YANG DINAMIS (Mengubah Fisiologi Tubuh) , KUAT DAN BERTENAGA SEKALIGUS JUGA LENTUR DAN SEIMBANG, MAKA KITA SECARA OTOMATIS MELATIH JIWA DAN KEPRIBADIAN KITA MENJADI BERANI, TEGAS, KUAT DAN JUGA PENUH PENGENDALIAN DIRI.



Sumber: * Unlimited Power, Anthony Robbins, Pustaka Delaprasta, Jakarta,1996, Hal 137
                 * Cara Paling Tepat dan Mudah Untuk Berbicara dan Berpidato, Dale Carnegie, CV Pionir Jaya, Bandung, 1986 
                 *Origins Chinese Martial Arts, Jack Cheung, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003
                 *Mind Body Spirit; Aku Bersilat, Aku Ada, Bre Redana, Kompas Penerbit Buku, Jakarta, 2013 
                 *Beladiri Menuju Penafsiran kembali, Kompas, Minggu, 23 Februari 1986 - See more at: http://stephenbarnabas.blogspot.co.id/2014/08/ilmu-pengembangan-diri-tertua-di-dunia.html#more








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search